Jumat, 21 Agustus 2015

Cuma Iseng

Hari ini aku pergi ke sebuah tempat di daerah Kebon Pisang, Bandung. Rencananya hari ini mau ketemu temen aku dan wawancara dia untuk tugas website majalah. Sesampainya di basecamp temanku, aku merasakan suasana yang cukup menarik disana. Banyak anak-anak yang berlarian, ibu-ibu yang sedang ngobrol dengan asyiknya, dan beberapa remaja SMK yang sedang di briefing untuk tugas pembinaan desa.

Aku cukup salut sama temanku yang satu ini. Dia memang orang yang cuek, tapi dia punya segudang ide keren di otaknya. Bersama ibunya dan teman-temannya, dia merintis 'ide isengnya' menjadi sebuah yayasan sosial.

Awalnya dia cerita kalau dia itu suka jualan. Terus dia punya ide iseng untuk buat garage sale. Akhirnya dia ajak temen-temennya untuk jualan. Dengan modal barang-barang bekas yang layak pakai yang ia kumpulkan dari teman-teman dan saudaranya, dia pun menjualnya. Dari hasil garage sale itu dia bisa dapat dana untuk kegiatan lainnya. Salah satu kegiatannya adalah dengan mengadakan Sekolah Ibu. Kegiatan ini berupa ajakan untuk ibu-ibu yang berminat memanfaatkan waktunya untuk membuat kerajinan, dimana kerajinan ini nantinya bakal dijual.

Temanku bilang dia gatau dan ga pernah merencanakan untuk mempunyai sebuah yayasan. "Aku cuma ngelakuin apa yang bisa aku lakuin.", begitu katanya. Semuanya tiba-tiba berkembang dan program-program yang ada semakin banyak dan banyak juga relawan yang mau membantu. Beberapa program barunya itu adalah dengan melakukan pelatihan pada anak SMK yang PKL dan KBS (Kawasan Bebas Sampah) yang berkerjasama dengan yayasan-yayasan terkemuka lainnya.

Dari sini aku merasa terinspirasi. Walau cuma sekedar iseng, tetapi teman saya ini menuangkan idenya dan melakukan sebuah aksi. Tak ada yang menyangka bahwa teman-temannya serta keluarganya ikut mendukung hal ini, bahkan warga sekitar rumahnya.

Karena sebaik-baik orang adalah yang paling bermanfaat.

So... Kalau kalian punya ide iseng kenapa ga coba lakuin, asalkan hal itu bermanfaat :). Ada yang punya ide??? :D